Elevator atau juga yang sering disebut lift mempunyai empat bagian utama yaitu
1. Komponen di ruang mesin (Machine Room)
2. Komponen di ruang luncur (Hoistway)
3. Komponen di kereta/Car lift
4. Komponen di luar ruang luncur pada tiap-tiap lantai
Pada posting yang lalu kita sudah membahas tentang komponen di ruang mesin (Machine Room)
dalam tulisan ini saya akan melanjutkan membahas tentang komponen-komponen di ruang Luncur (Hoistway)2. Komponen di ruang luncur (Hoistway)
Pengertian ruang luncur adalah lorong atau tempat pelintasan dimanan kereta/car lift bergerak naik maupun bergerak turun. lubang ini harus merupakan lubang tertutup dan tidak ada hubungan langsung ke ruang keluarnya kecuali untuk lubang dua buah lift berdampingan. berikut komponen-komponen yang ada di ruang luncur (hoistway) :
a. Guide Rail atau Rel Pemandu
| Gambar Guide Rail |
Terbuat dari profil baja khusus yang berfungsi memandu jalanya kereta (car) dan bobot pengimbang (counterweight). ukuran rel untuk kereta/car biasanya lebih besar dari pada rel bandul pengimbang/counterweight. guide rail ini terpasang tegak lurus dari dasar pit sampai dibawah slap ruang mesin.
b.Limit switch/Saklar Batas Lintas
![]() |
| Gambar Limit Switch |
Ada dua jenis saklar batas lintas yaitu untuk membalik arah (direction switch) dan final seitch. Bisanya komponen ini terpasang di rel kereta dipasang dibagian bawah dan dibagian atas rel yang berfungsi untuk mejaga agar kereta tidak menabrak pit atau lantai kamar mesin.
Dipasang di rel kereta yang berfungsi untuk mengatur pemberhentian kereta pada lantai yang dikehendaki dan mengatur pembukaan pintu pendaratan (Landing Door)
Terdiri dari beberapa bagian antara lain door hanger, door sill dan door panel. berfungsi untuk menutup ruang luncur dari luar. pada hall door ini dipasang alat pengaman secara seri sehingga apabila salah satu pintu terbuka maka lift tidak akan bisa dijalankan.
Terletak di dua tempat yaitu: satu set untuk kereta dan satu set untuk beban pengimbang /counterweight berfungsi untuk meredam tenaga kinetik kereta dan bobot pengimbang pada saat jatuh.
Merupakan pully bandul sebagai penegang rope governor yang terletak di pit.





mantap
ReplyDeleteTambah wawasan
ReplyDeletetanya dong gan, apakah tension device berfungsi sama dengan strain wheels? kalo beda apa keduanya hrs ada di dalam 1 lift?
ReplyDeletethx
Tergantung beraknya gan
DeleteWc
ReplyDelete