Fungsi Komponen Pada Lift/Elevator Bag3

Elevator atau juga yang sering disebut lift mempunyai empat bagian utama yaitu
1. Komponen di ruang mesin (Machine Room)
2. Komponen di ruang luncur (Hoistway)

3. Komponen di kereta/Car lift
4. Komponen di luar ruang luncur pada tiap-tiap lantai

Pada posting yang lalu kita sudah membahas tentang komponen di ruang mesin (Machine Room) dan komponen diruang luncur (hoistway)
dalam tulisan ini saya akan melanjutkan membahas tentang komponen-komponen di ruang kereta/car Lift

3. Komponen di kereta/Car Lift
Pengertian kereta/car adalah kotak dimana penumpang naik dan dibawa naik turun. kereta ini dihubungkan langsung dengan bobot  pengimbang (counterweight) dengan tali baja lewat pully penggerak di ruang mesin, adapu komponen-kompone di kereta /car lift :


Gambar Car Door
a.Car door/Pintu kereta
Pintu kereta terdiri dari beberapa bagian antar lain: door hanger, door sill, door panel dan door mekanisme
dari keempat bagian tersebut yang mengatur buka tutup pintu dan berfungsi untuk menutup kereta dari luar. Pada pintu kereta (car door) ini dipasang alat pengaman secara seri dengan pintu pendaratan/landing door sehingga apa bila pintu terbuka maka lift tidak dapat dijalankan. 


Gambar COP dan Switcing Box
b.COP (Car Operating Panel)
Ada satu atau lebih COP biasanya terletak pada sisi depan kereta (front retum panel) pada panel tersebut terdapat tombol-tombol lantai dan tombol pengatur buka tutup pintu












Gambar Interphone
c.Interphone
Biasanya terletak pada COP (pada lokasi yang mudah dicapai) yang berfungsi untuk mengadakan komunikasi(dalam keadaan tertentu) antar kereta dan kamar mesin(machine room) dan ruang control









Gambar Alarm Buzzer
d.Alarm Buzzer
yang berfungsi untuk memberi tanda bila lift berbeban penuh atau tanda -tanda lain









     
Gambar COP dan Switcing Box
 e.Switcing Box
 Biasanya menjadi satu dengan COP yang terletak dibagian bawah COP               secara tertutup(yang dapat dibuka hanya dengan kunci khusus)                          didalamnya terdapat tombol-tombol pengatur












Gamabr Floor Indicator
f.floor Indicator
Nomor petujuk lantai dan arah jalanya kereta biasanya terletak disisi atas pintu kereta (transom) atau pada COP.










Gambar Lampu darurat
g.Lampu darurat atau Emergency light
Biasanya terletak diatas atap kereta berfungsi untuk meneranggi kereta dalam keadaan darurat (listrik mati) dengan sumberdaya battery






Gambar Saklar Pintu Darurat
h.Saklar Pintu Darurat (Emergency Exit Switch)
Terletak pada pintu darurat diatas kereta berfungsi untuk memastikan agar kereta tidak berjalan apabila intu darurat dibuka untuk proses penyelamatan
















No comments:

Post a Comment

related post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...